Apa sih Manajemen Public Relations (MPR) ?
Manajemen Public Relations (MPR)
merupakan penerapan dari fungsi-fungsi dasar manajemen dalam kegiatan public
relations (PR). Prakitisi public relations akan sangat membutuhkan
fungsi-fungsi tersebut dalam membuat suatu konsep dan mengimplikasinya (menerapkannya)
yang berkaitan dengan tugasnya. Dengan demikian mengelola public relations
harus melakukan kegiatan penelitian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi
terhadap kegiatan komunikasi yang disponsori oleh organisasi.
Manajemen PR adalah proses riset,
perencanaan, pelaksanaan, dan pengevaluasian suatu kegiatan komunikasi yang
disponsori oleh organisasi. Proses manajemen humas biasa dilakukan oleh seorang
praktisi dalam kegiatan PR.
Gurnig dan Hunt (1984) menyatakan public relations sebagai
manajemen komunikasi antara sebuah organisasi dan publiknya.
Grunig dan Hunt (1994) menyatakan bahwa kegiatan public relations pada dasarnya dipilah atau dikelompokkan
menjadi tiga bentuk kegiatan, yakni :
1.
Event
kegiatan public relations yang terjadi dalam kerangka
waktu terbatas dan jelas kapan dimulai dan berakhir. Kegiatan untuk ditujukan
untuk satu atau beberapa publik terpilih dengan satu tujuan.
2. Campaign
hampir
sama dengan event, namun biasanya diadakan dalam waktu yang lebih panjang dan
dapat terdiri dari event.
3. Program
biasanya terdiri dari beberapa event
yang biasanya tidak jelas kapan berakhirnya. Program public relations biasanya
diadakan secara berkesinambungan mengikuti kehidupan sebuah organisasi.
No comments:
Post a Comment